20.8.16

Membuat Vlog Cantik dengan GoPro

Hampir setahun saya pakai kamera GoPro untuk dokumentasi jalan-jalan saya. Puas banget karena simple, bisa waterproof, dan ukurannya compact super kecil pas banget untuk traveling. Berbeda dengan kamera pocket dan DSLR yang ukurannya lumayan besar dan berat, action cam seperti GoPro ringan dan bisa bikin foto dan video dengan angle yang berbeda dan unik karena bisa diselipin di tempat-tempat aneh.

Tapi sebenarnya kamera kecil itu juga ada kekurangannya. Dikarenakan dia sangat kecil, dia sangat ringan, karena GoPro sangat ringan, semua pergerakan tangan kita akan berpengaruh ke video kamera. Dimana hasil videonya akan lebih shaking. Kalau kamera yang besar, mereka berat, karena berat, tangan kita jadi lebih agak tertahan dan tidak terlalu bergetar. Video pun tidak sebergetar memakai kamera kecil.
Kelebihannya jadi kekurangannya. Hmmm Jadi bagaimana caranya biar video buatan kita bisa mulus kaya video-video profesional atau film-film?

Video yang meninspirasi saya :')


Jawabannya adalah kita harus memakai camera stabilizer / gimbal.

Gimbal untuk GoPro banyak jenisnya Ada yang hanya besi. Ada juga yang memakai mesin. Mesinnya pun ada berapa jenis, ada yang 2 Axis dan 3 Axis. Merk nya juga banyak.

Gimbal untuk Go Pro pertama yang saya beli adalah merk iFootage Hummingbird eGimbal G1 dengan 2 Axis. Kalau lihat reviewnya dia lumayan bagus dan banyak di jual di toko-toko kamera ternama di Jakarta. 

Contoh iFootage tidak sebagus kenyataanya 

Tapi ternyata setelah saya beli dan saya pakai di trip saya, jujur saya tidak merekomendasikan ini. Karena :
  1.  Karena 2 Axis, hasil footagenya masih terlihat shaking. Tidak semulus di video iklannya.
  2. Suara mesinnya ternyata masuk ke dalam footage video. Jadi sepanjang video yang memakai gimbal ini, terdengar suara mesin yang sangat menggangu.
  3.  Power button sangat mudah terpencet dengan tidak sengaja selama di dalam tas. Ketika mau dipakai ternyata batre sudah habis karena selalu on di dalam tas. Batre iFootage menggunakan batre GoPro Hero 3, sedangkan Go Pro saya Hero 4, jadi saya hanya ada 1 batre untuk gimbal iFootage.

Setelah kecewa dengan Ifootage, saya putuskan saya akan membeli gimbal dengan merk lainnya. Ya tetap beli lagi, karena cita-cita saya ingin membuat video mulus ala ala cinematic movie.

Gimbal kedua saya ber merk Feiyu Tech. Dari namanya saja kita bisa tahu kalau Feiyu Tech itu perusahaan dari china. Awalnya saya  ragu, apa barang nya bagus, karena merk china pastinya bikin kita tidak yakin dengan kualitasnya. Sebelum memutuskan membeli, saya online riset selama berbulan-bulan. Ya beberapa bulan. (Karena gamau kecewa lagi hehe). Ternyata hasil review saya  di youtube untuk product review, unboxing, dan juga membaca di forum-forum kamera, Feiyu Tech memiliki review yang bagus. Akhirnya saya putuskan untuk membeli Feitu Tech Gimbal Feiyu Tech G4S dengan 3 Axis untuk GoPro.




Dan saya pun jatuh hati!!!
  1.  Feiyu Tech G4S langsung dapat hardcase. Tidak ada lagi kejadian batre gimbal habis karena kepencet di tas. Horee..
  2. Dikasih langsung 2 batre. Double horee...
  3. Tidak ada suara mesin yang masuk ke dalam video footage
  4. G4S bisa langsung nge charge GoPro dengan batere Gimbal (walaupun saya belum pernah coba ini, tapi menurut saya ini amazing)
  5.   Bisa rotate 360 derajat dengan menggunakan control stick
Travel Vlog dengan iFootage Hummingbird

Video Pertama dengan Feiyu Tech G4S

Video Cantik Cinematic



Vlog Cantik dengan GoPro

Travel Vlog saya sekarang jadi lebih cantik dan semoga bisa terus improve kualitas video saya. Amin!